24 Oct
COVID-19 Membuat Jasa Servis Mundur, tetapi Manufaktur Terus Maju By Ferdi Jo

Data yang dikumpulkan periode 12-22 Oktober 2020 melaporkan kenaikan lebih lanjut dalam output manufaktur yang membantu mendukung pertumbuhan di sektor swasta Jerman pada bulan Oktober, demikian data PMI® terbaru dari HIS Markit menunjukkan. Namun, penyedia layanan mencatat penurunan aktivitas di tengah pembatasan dan meningkatnya ketidakpastian karena gelombang kedua kasus virus korona. Indeks Output Gabungan Flash Jerman tercatat 54,5 pada bulan Oktober. Meskipun turun sedikit dari 54,7 pada September, catatan ini masih di atas 50,0 yang memisahkan pertumbuhan dari kontraksi. Tren di tingkat sektor terus menyimpang di bulan Oktober, dengan indeks output manufaktur menunjukkan laju ekspansi terkuat sejak Februari 2011, sementara ukuran ekuivalen dari aktivitas bisnis jasa turun di bawah ambang batas netral 50.0 untuk pertama kalinya sejak Juni. Penyedia layanan melaporkan dampak permintaan dari pembatasan baru dan meningkatnya ketidakpastian terkait dengan peningkatan jumlah kasus penyakit virus korona 2019 (COVID-19). 

Bisnis baru jatuh di sektor ini untuk pertama kalinya dalam empat bulan, turun tajam dan cepat dalam permintaan luar negeri. Hal ini kontras dengan situasi di sektor manufaktur, di mana data terakhir menunjukkan peningkatan volume order book yang didukung oleh kenaikan bisnis ekspor. Di antara produsen barang yang disurvei, ada laporan kenaikan penjualan ke Asia (Cina), AS dan seluruh Eropa. Kenaikan tajam dalam tumpukan pekerjaan manufaktur - yang paling tajam sejak Desember 2017 - lebih dari sekadar mengimbangi penurunan lebih lanjut (meskipun lebih lambat) dalam kerja sama di penyedia layanan pada bulan Oktober. Itu berarti bahwa keseluruhan bisnis yang luar biasa meningkat selama tiga bulan berturut-turut, dengan tingkat akumulasi yang dipercepat menjadi yang tercepat selama dua setengah tahun. Di sisi ketenagakerjaan, dengan sektor jasa melihat kenaikan bulanan keempat berturut-turut dalam jumlah gaji, sementara produsen mencatat pemotongan staf lebih lanjut. Secara keseluruhan lapangan kerja turun selama delapan bulan berturut-turut, hal ini terjadi karena peningkatan dalam tingkat penciptaan lapangan kerja di perusahaan jasa menjadi yang tercepat sejak sebelum wabah COVID-19 pada bulan Maret. 

Beralih ke harga, data terbaru menunjukkan kenaikan biaya rata-rata barang dan jasa untuk pertama kalinya sejak Februari, mencerminkan kenaikan di kedua sektor yang dipantau. Penyedia layanan mencatat tingkat inflasi harga output yang sedikit lebih tinggi, juga menghadapi kenaikan biaya yang relatif lebih kuat selama bulan tersebut. Harga input manufaktur naik hanya sedikit, tetapi itu merupakan kenaikan pertama dalam satu setengah tahun di tengah laporan permintaan yang lebih tinggi untuk bahan dan kekurangan terkait di pemasok. Di samping pertumbuhan yang lebih kuat dari output pabrik dan pesanan baru serta penurunan yang lebih lambat dalam stok pembelian, perpanjangan waktu pengiriman input yang lebih besar merupakan faktor yang membantu mengangkat Manufaktur Jerman Flash di bulan Oktober. Tercatat di 58,0, naik dari 56,4 September, pembacaan terbaru menunjukkan peningkatan paling mencolok dalam kondisi manufaktur secara keseluruhan sejak April 2018. 

Akhirnya, melihat ke depan untuk aktivitas di waktu dekat, survei Oktober menunjukkan pelemahan ekspektasi untuk pertama kalinya dalam tujuh bulan . Sentimen tetap positif secara keseluruhan, dengan optimisme terus melebihi jumlah pesimis, tetapi tingkat kepercayaan mereda ke level terendah sejak Juni karena kekuatiran tentang COVID-19 membebani prospek, terutama di sektor jasa.

Demikian ulasan saya tentang News Analysis: EUR – German Flash Manufacturing PMI kali ini. Saya… Ferdi Jo mohon diri dari hadapan anda…

Happy Trading!


Comments